KAJIAN ESTETIKA SENI BATIK KONTEMPORER MELALUI KARYA KOLABORASI SENIMAN AGUS ISMOYO-NIA FLIAM

Ernawati Ernawati
  JSBN, pp. 64-84  

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui estetika seni batik kontemporer karya kolaborasi dari seniman Agus Ismoyo-Nia Fliam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kritik seni dan estetika, dari aspek makna dan fungsi karya. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa makna pada karya batik kontemporer mengandung nilai estetik meliputi nilai budaya kosmologis yang diwujudkan dengan bentuk visual yang terilhami dari alam/kosmos, nilai simbolik yaitu citra yang mengandung makna dan nilai etika atau sikap dari orientasi kehidupan berbudaya. Karya memiliki fungsi personal dan fungsi sosial. Hal ini penting dalam menyikapi karya seniman sebagai pengetahuan intangible, metode tranfser pengetahuan berbasis lokal, dan nilai akar tradisi sebagai konsep tumbuh dalam berkarya seni.

Keywords


Makna, fungsi, Karya Seni

Full Text:

File

References


Barret, Terry. (1994), Criticizing Art Understanding the Contemporary, Mayfield Publishing Company. Mountain View, California.

Barret, Terry. (1995), Criticizing Art, Mayfield Publishing Company, Mountain View, California.

Feldman, Edmund Burke. (1967), Art as Image and Idea atau Seni sebagai Ujud dan Gagasan, terjemahan SP.Gustami (1991), FSRD Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

Kusrianto, Adi. (2013), Batik: Filosofi, Motif, dan Kegunaan. Vandi Offset: Yogyakarta

.

Sunarto. 2018 dalam Pengantar Penyunting Buku: Hospers, John. 2018. Filsafat Estetika. Diterjemahkan oleh Jalaludin Rumi.Yogyakarta: Tafa Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.