KAJIAN ESTETIKA SENI BATIK KONTEMPORER MELALUI KARYA KOLABORASI SENIMAN AGUS ISMOYO-NIA FLIAM

Authors

  • Ernawati Ernawati Fakultas Teknik, Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.sbn.2019.003.01.05

Keywords:

Makna, fungsi, Karya Seni

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui estetika seni batik kontemporer karya kolaborasi dari seniman Agus Ismoyo-Nia Fliam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kritik seni dan estetika, dari aspek makna dan fungsi karya. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa makna pada karya batik kontemporer mengandung nilai estetik meliputi nilai budaya kosmologis yang diwujudkan dengan bentuk visual yang terilhami dari alam/kosmos, nilai simbolik yaitu citra yang mengandung makna dan nilai etika atau sikap dari orientasi kehidupan berbudaya. Karya memiliki fungsi personal dan fungsi sosial. Hal ini penting dalam menyikapi karya seniman sebagai pengetahuan intangible, metode tranfser pengetahuan berbasis lokal, dan nilai akar tradisi sebagai konsep tumbuh dalam berkarya seni.

References

Barret, Terry. (1994), Criticizing Art Understanding the Contemporary, Mayfield Publishing Company. Mountain View, California.

Barret, Terry. (1995), Criticizing Art, Mayfield Publishing Company, Mountain View, California.

Feldman, Edmund Burke. (1967), Art as Image and Idea atau Seni sebagai Ujud dan Gagasan, terjemahan SP.Gustami (1991), FSRD Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

Kusrianto, Adi. (2013), Batik: Filosofi, Motif, dan Kegunaan. Vandi Offset: Yogyakarta

.

Sunarto. 2018 dalam Pengantar Penyunting Buku: Hospers, John. 2018. Filsafat Estetika. Diterjemahkan oleh Jalaludin Rumi.Yogyakarta: Tafa Media

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles