Dangdut Koplo: Memahami Perkembangan hingga Pelarangan

Authors

  • Michael H.B. Raditya Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia – Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.sbn.2017.oo1.01.02

Keywords:

Dangdut Koplo, Pelarangan, Penonton, Perkembangan, Developing, Ban, Audience

Abstract

Dangdut Koplo kini telah menjadi produk massal, yang terus terkomodifikasi oleh industri musik tanah air. Terlahir di pesisir pantai utara pulau Jawa –Pantura–, Dangdut Koplo telah berkembang sejak Dangdut televisi mengemuka. Hingga pada tahun 2003, fenomena Inul merebak, dan menggantikan posisi bintang Dangdut yang tenar saat itu, seperti: Rhoma Irama. Namun Rhoma Irama tidak menerimanya, pelbagai cara mencekal Inul dan Dangdut Koplo dilakukan. Bertolak dari ihwal tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwasanya Dangdut Koplo berkembang karena pelarangan. Pelbagai usaha pelarangan dari Rhoma Irama dan kolega, hingga kalangan yang mengatasnamakan agama turut mempersoalkan Inul dan musiknya, Koplo. Namun kuasa komodifikasi berkerja, Inul dan banyak penyanyi Pantura berjaya. Pada tahun 2016, pelarangan kembali terjadi. Giliran KPI ambil bagian mencekal tigabelas lagu Dangdut Koplo. Bertolak dari ihwal tersebut, maka artikel ini akan membahas perkembangan dan pelarangan yang telah terjadi. Alih-alih diposisikan untuk mendukung kubu yang saling berkonfrontasi, artikel ini lebih diarahkan sebagai artikulasi atas makna yang terkandung dari Dangdut Koplo itu sendiri. Hasil dari artikel ini adalah sebuah tawaran alternatif dalam menyikapi pelarangan di kedua belah pihak.

 

ABSTRACT

Nowadays, Dangdut Koplo has become a mass product, which commodified by industry music of Indonesia. Was born in the northern coast of Java -Pantura-, Dangdut Koplo has develop since Dangdut Television become popular. In 2003, Inul phenomenon was replacing Dangdut star whose fame at the time, such as: Rhoma Irama. But Rhoma and colleagues didn't accept that, and try to ban Inul and Dangdut Koplo in Dangdut Industry.  It is undeniable that Dangdut Koplo developed by ban process. Rhoma Irama and Many Groups who has a corelation with religion tried to ban Dangdut Koplo, and Inul. But the commodification's power worked, Inul and singers from Pantura more popular. In 2016, KPI do the ban Dangdut Koplo. Thirteen songs Dangdut Koplo blocked. Regarding from these thing, this article will discuss about existance of Dangdut Koplo, about developing and barriers. And this article isn't support group who confronted each other, this article who i wrote it, is trying to articulate about essence that contained on Dangdut Koplo. The result of this article is an alternative point of view's to face the problem in holistic way.

References

Anderson, Benedict. 2002. Komunitas Terbayang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar & Insist Press.

Ang, Ien. 1991. Desperately Seeking The Audience. London: Routledge.

Darajat, Irfan R. 2014. Nyanyian Bangsa: Telaah Musik Sujiwa Tejo dalam Menghadirkan Wacana Identitas dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Penerbit PolGov.

Indriya, W. 2006, Belum Ada Apa-Apa, Penonton Sudah Minta Dangdut, dalam Perjalanan Kesenian Indonesia Sejak Kemerdekaan: Perubahan dalam Pelaksanaan, Isi dan Profesi, Disunting oleh Yampolksy, P, Jakarta: Equinox Publishing.

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Lohanda, Mona. 1991. “Dangdut: Sebuah Pencarian Identitas –Tinjauan Kecil dari Segi Perkembangan Historisâ€, dalam Seni dalam Masyarakat Indonesia, Edi Sedyawati dan Sapardi Djoko Damono (ed). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pastina, Antonio C. La. 2005. “Audience Ethnographies A media Engagement Approachâ€, dalam Media Anthropology, Eric W Rothenbuhler and Mihai Coman (ed). Thousand Oaks, London: Sage Publication, inc.

Purnima Mankekar. 2002. “National texts and gendered lives: an ethnography of television viewers in a north Indian City†dalam The Anthropology of Media a reader, Kelly Askew dan Richard R. Wilk. Victoria: Blackwell Publishing.

Raditya, Michael Haryo Bagus. 2013. Esensi Senggakan Pada Dangdut Koplo sebagai Identitas Musikal. Tesis Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada.

Simatupang, Gabriel Roosmargo Lono Lastoro. 1996. The Developoment of Dangdut and Its Meanings: Study of Popular Music in Indonesia. Tesis Departemen Antropologi dan Sosiologi, Monash University.

Simatupang, Lono. 2013. Pergelaran: Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya. Yogyakarta: Jalasutra.

Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB.

Turino, Thomas. 2008. Music as Social Life: The Politics of Participation. Chicago: The University of Chicago Press.

Webster, J.G. 1998. The Audience, J. Broad & Elec. Media, Jurnal.

Weintraub, Andrew N. 2012. Dangdut: Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Webtografi

http://x.detik.com/detail/intermeso/20160530/Digemari-Dulu-Dicekal-Kemudian-/index.php

Downloads

Published

2017-04-17

Issue

Section

Articles