Gambaran Konsep Suwung pada Masyarakat Jawa Dewasa Awal yang Mengalami Quarter Life Crisis

Duhita Adwitya Hapsari
  JSBN, pp. 91-98  

Abstract


Pada setiap fase kehidupan seseorang tentunya memiliki konflik tersendiri yang mempengaruhi karakter seseorang. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh seseorang yang berada pada fase dewasa awal dan lebih tepatnya pada rentang usia 18-30 tahun ialah   permasalahan yang timbul karena memasuki  fase quarter life crisis. Faktor     budaya dapat mempengaruhi bagaimana seseorang menghadapi masalahnya. Salah satunya adalah mencapai tahap suwung. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran konsep suwung pada masyarakat Jawa dewasa awal yang mengalami quarter life crisis. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan studi fenomenologi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek mampu memahami keberadaan Tuhan, memahami posisinya di alam semesta, mengenal diri khusunya pada apa yang dimiliki dan hendak dicapai, melakukan tindakan positif, dan berupaya untuk menghadapi masalah dalam hidup.


Keywords


Suwung, quarter life crisis, dewasa awal, masyarakat Jawa

Full Text:

PDF

References


Arnett, J. J. & Mitra, D. (2018). Are the Features of Emerging Adulthood Developmentally Distinctive? A Comparison of Ages 18–60 in the United States. Emerging Adulthood. 8(5), 1-8.

Dewantoro, S. H. (2017). Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa. Tangerang Selatan: Javanica.

Habibie, A., Syakarofath, N. A., & Anwar, Z. (2019). Peran Religiusitas terhadap Quarter- Life Crisis (QLC) pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal. 5(2), 129-138.

Prasetya, T. (2016). Bentuk dan Makna Wangsalan. Sutasoma. 4(1), 28-36.

Putri, I. G. & Masykur, A. M. (2017). Bertahan dalam Dilema: Studi Fenomenologis Menghadapi Stres Kerja pada Psikolog Klinis Wanita. Jurnal Empati, 6(1). 239-245.

Robbins, A., Wilner, A. (2001). Quarter Life Crisis: The Unique Challenges of Life in Your Twenties. New York: Tarcher Penguin.

Setiyowati, N. (2016). “Suwung”: Pola Penyelesaian Masalah Kaum Sufi Suku Jawa di Kota Malang. Jurnal Psikologi Ulayat. 3(2), 109-127.

Yudha, A. B. & La Kahija, Y. F. (2015). Makna Yoga: Studi Interpretative Phenomenological Analysis pada Yogi. Jurnal Empati, 4(1). 9-15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.